memaksimalkan kamera digital poket

Tidak banyak fotografer pemula ataupun senior yang bisa ‘beruntung menikmati’ kamera tipe SLR baik yang versi digital ataupun versi film. Selain harga dari kamera SLR yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan yang versi poket (point and shoot), fungsi dan fitur yang lebih kompleks juga membuat kamera SLR ‘susah’ untuk dipahami dan digunakan oleh ‘fotografer awam’.
Oleh sebab itu artikel ini mencoba untuk menjembati ‘keterbatasan’ yang ada tersebut, yaitu bagaimana cara memaksimalkan kamera saku (poket) sehingga bisa menghasilkan foto yang berkualitas serta layak jual & diikutsertakan ke berbagai macam lomba.
  1. Pahami dan kuasai fungsi-fungsi dari buku manualnya. Mulai dari cara pengaturan secara manual untuk apperture (diagfragma), shutter speed (time), white balance, metering, dll.
  2. Kuasai pengaturan apperture priority (Av) untuk menghasilkan Deep of Field (DoF) sesuai keinginan.
  3. Kuasai pengaturan shutter speed priority (Tv) untuk menghasilkan foto riak air terjun yang terlihat putih halus laksana sutera.
  4. Atur komposisi dari foto yang akan diambil sebaik mungkin. Artikel Rule of Third ini bisa dijadikan sebagai acuan dasar.
  5. Perbanyak melihat galeri (koleksi) foto dari para maestro / fotografer lainnya yang bisa dijumpai dengan mudah lewat internet / majalah / buku. Hal ini untuk menambah ‘ilmu’ tentang komposisi, angle serta trend yang lainnya.
  6. Maksimalkan penggunaan cahaya alami (matahari) untuk menghasilkan foto yang natural. Karena besaran sensor dari kamera poket yang rata-rata lebih kecil, hal ini bisa menimbulkan noise/grainy yang lebih besar jika digunakan untuk memotret pada ruangan yang redup / pencahayaannya minim dan mempunyai ‘crop factor’ yang lebih besar.
  7. Perbanyak jam terbang pengambilan foto. Seiring dengan bertambahnya jam terbang Anda, akan bertambah pula pengalaman serta ilmu praktek yang tidak bisa didapatkan dari teori / buku.
TRIP TRIK PHOTO
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BLOG' 'E MIFTAKHURROKHIM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger